Ga Yakin, Tapi Ternyata Bisa!

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya akan menceritakan sebuah kegiatan yang saya jadi PJ acaranya. Tour d’ UI 2008 “Catch ur Bright Future with UI”. Tema yang narsis sebenernya, tapi memang begitulah, saat itu kan emang tujuannya memotivasi mereka untuk masuk UI. Kampus Perjuangan.

Acara berlangsung tanggal 15-18 januari 2008. Agendanya, keliling 10 fakultas, sharing dengan alumni, info SPMB dan PPKB, motivation training, dll. Eh, ga sepulh fakultas ding. Minus Psikologi karena kami ga dapet ijin dengan alasan, di FPsi ada acara. Ya sudah, peserta tetep bisa dapet info tentang FPsi.

Hari pertama, peserta yang berjumlah 47 kami ajak ke FE, FISIP, FH, Fasilkom. Sambutan dari semua fakultas tersebut cukup meriah. Terlebih FH, Dekannya langsung yang nyambut. Mantabs euy. Inti dari penjelasan di tiap fakultas adalah Jangan takut masuk UI, terlebih karena biaya. Karena ga dapet ijin di FPsi, kami pun punya alternatif agar tetep dapat memberi info mengenai FPsi kepada peserta dengan menghadirkan beberapa mahasiswa FPsi yang kami kenal. Sempet molor waktunya di FE, tapi alhamdulillah, hari itu, hanya mundur beberapa menit saja dari jadwal. saya senang.πŸ˜€ Malamnya, ada sharing pengalaman bersama Mas Wisnu Fasilkom 94. Wah, inspiring banget! Makasi, Mas. Peserta jadi termotivasi tuh, saya juga lho.

Hari kedua, kunjungan ke fakultas lainnya yang ada di Depok yakni, FKM, FIK, FMIPA, FT, FIB. Sebenernya sih FIB tadinya mau hari pertama, tapi minta tuker dengan FE. Untunglah bisa, walau sempat bikin saya bingung. Hari itu, sempet juga ada masalah di FMIPA yang ternyata baru beres persiapannya beberapa jam sebelum peserta datang. Pun di FT, ruangan dsb belum juga siap ketika peserta sudah siap setelah ishoma. Ini nih yang bikin jadwal jadi agak mundur. Harusnya jam 2 siang ke FIB, gara-gara masalah di FT, jam tiga kurang baru sampe di FIB. Jadi ga enak sama senat yang nyambut. Malamnya, ada JTutorial dari Juqi ( Fasilkom 2006 yang Ketua SINTESA). Tapi ga optimal gara-gara LCD yang bermasalah ketika mau menampilkan sebuah webpage. (Yah, blog saya ga jadi ikutan di-promo-in deh T.T). Setelah itu, sharing mengenai SPMB dan PPKB bersama duo kakak beradik Mas Akhda Afif dan Mas Hanif. Mas Afif yang kuliah di Fasilkom 2004 melalui PPKB dan adiknya Mas Hanif yang kuliah di Akuntansi 2005 lewat SPMB. Selain informasi, apa yang disampaikan mereka juga memotivasi peserta.

Hari ketiga, peserta diajak ke Pusgiwa untuk berkenalan dengan BEM UI. Ada K’Edwin-k’Pongi beserta beberapa staffnya yang menyambut. Peserta cukup antusias, banyak yang mau tanya, tapi hanya beberapa saja yang bisa terjawab karena waktu yang terbatas. Dari Pusgiwa, kami berjalan ke Perpustakaan Pusat. Alhamdulillah, sambutanya baik juga. Sayangnya, panitia lupa bikin kenang-kenangan buat Perpus Pusat. Duh gimana sih? (ada kesalahan saya juga sebenernya). Habis itu, kami berjalan lagi lewat rektorat ke danau dekat MUI untuk sharing tiap fakultas. Sebenernya saat itu saya pengen ijin, tapi ga enak dengan teman-teman. Kemarinnya juga. Mau ijin ga jadi. Mekanisme acara di deket danau tersebut ialah, temen-temen UI berkumpul sesuai masing-masing fakultasnya dan membuat kelompok-kelompok keci. Setelah itu, peserta memilih mau minta ‘cerita’ kemana dulu. Saya bagi menjadi tiga waktu. Masing-masing 15 menit. Berarti ada tiga pilihan untuk peserta. Tapi terserah pesertanya juga, kalo masih kurang, 15 menit kedua boleh dipake untuk fakultas yang sama. Seperti anak-anak yang sangat antusias ketika saya bilang, “yang mau ke FISIP, sama saya!” Jam itu, saya hanya seorang diri yang dari FISIP. Jadi saya harus melayani pertanyaan-pertanyaan dari beberapa peserta yang ngebet banget pengen ke FISIP. Makanya, 15 menit kedua mereka tetep sama saya. haha. Dan tau ga, pertanyaan yang mereka keluarkan sebagian besar tentang politik. Wah, bikin saya seneng pastinya. Hehe. tapi saya tetep berusaha memberi gambaran yang objektif ko mengenai tiap jurusan.

Setelah acara sharing selesai, ishoma di MUI. Setelah itu sekitar jam setengah dua kami ‘bawa’ ke UI Wood. agak mundur waktunya. Tapi, cuma sedikit. Ngapain di UI Wood? OuBond dunk…hehe. Tapi ga berat outbondnya. Sederhana aja. Biar peserta ga capek. Dan ga jauh dari jadwal juga, jam setengah lima udah kembali ke asrama. Oh ya, ada juga loh, peserta yang masih pengen ke FISIP. Deu, saking tertariknya sama FISIP. (Huu.. mentang-mentang anak FISIP)

Malamnya, sebelum pulang, ada motivation training. Trainer yang kami undang Pak Arif Dahsyat. Wah, bener-bener dahsyat deh. Walopun saya udah pernah denger sebelumnya, tapi saya bilang gini karena liat gimana reaksi peserta. Wadu,,pas muhasabah sampe pada nangis yang ga cuma sesenggukan gitu. kerasa banget kali ya. Tapi karena jadwal pulang jam sebelas, training saya minta cukupkan sampe jam setengah sebelas. Walaupun ga terlalu lama, cukup berarti bagi peserta sepertinya.

Alhamdulillah, secara keseluruhan saya cukup puas. Selama tiga hari ga ada kemunduran waktu yang berarti. Alhamdulillah, hal tersebut yang selama ini saya takutkan ga terjadi. Dan setelah saya minta kritikan dari peserta, salah seorang bilang, “Kritikannya adalah makanannya enak, acaranya keren, panitianya oke.” waa..itu beneran apa ga? saya ga percaya. “Kritikan kan ga mesti buruk,”tambahnya lagi. Pendapat dari satu peserta lagi juga ga jauh beda. Tapi karena saya ga puas dengan pendapat itu, saya minta secara personal ke beberapa orang. Dan katanya, kekurangan itu, diantaranya adalah kurangnya koordinasi panitia ketika mau jalan ke FISIP (saat itu bingung memutuskan mau lewat mana), permainan kurang lama, waktu kunjungannya ada yang timpang (yah, udah pas ko dek), acaranya kurang lama harusnya seminggu (kalo seminggu saya bisa sakit. hehe).

Ga disangka juga, beberapa panitia mendapat SMS apresiasi dari peserta yang menyatakan terima kasih untuk bimbingan, bilang jadi termotivasi, juga minta didoakan agar lulus UN dan SPMB. (tapi ga ada yang SMS saya, heheπŸ˜› mereka udah saya kasi email saya). Alhamdulillah. semoga Allah memudahkan, Amiin.

ternyata panitia yang lain cukup puas juga sampe pada narsis bilang siapa dulu PO-nya lah, Bendumnya lah, dsb sesuai tugas masing-masing. Padahal sebelumnya sempet ga yakin. Hihi.

4 thoughts on “Ga Yakin, Tapi Ternyata Bisa!

  1. Ssyukron atas kerja kerasnya. Insya Allah akan selalu ada balasan atas kesungguhan usaha dan amalnya.

    Oh ya, blog hanief sudah pindah ke sini, Fa. Tolong diganti link-nya ya.

    Arigato Gozaimasu…

  2. terima kasih atas kerja kerasnya rifa dan kawan2 panitia,…
    seperti kata mas hanif, semua amal dan keringat yang mengalir pasti akan ada balasan pahala yang setimpal…

    wakakakkka…bnr juga tuh, kalo tour d ui seminggu lebih mentep kali yak…huakkakka..panitianya bakalan stress
    gak ketulungan tuh nantinya…

    ~best regards for all of committe of Tour D UI 2008!

  3. @freelonk a.k.a juqi:
    sama-sama…πŸ™‚ tinggal evaluasi neh!
    seminggu? hm, bisa dijadiin wacana buat thn dpn kalo mau…wkwkwkwk.. toh panitianya bukan aku…hehe…

Leave a Reply

