Kuliah Perdana yang Bikin Pusing

Siang tadi, saya mengikuti kuliah SBI. Sistem Budaya Indonesia. Setelah menunggu sekitar 30 menit, barulah dosen datang. Hmpfh, hampir saja kami mengira tak akan ada kuliah siang tadi. Ternyata ada kekeliruan sedikit yang dialami dosen hingga dia tidak bisa langsung ke ruang kelas. Beliau mengatakan, kuliah kita siang ini ga akan bikin pusing, mengingat ini pertemuan perdana dan kita semua kelelahan karena kuliah di gedung G lantai 4 yang ga ada lift-nya.

Di kuliah perdana ini, hanya perkenalan dan sedikit pengantar. Sambil mengabsen, bapak dosen memberi kesempatankepada kami untuk memperkenalkan diri, dari sekolah mana dan dari suku bangsa mana kami berasal. sembari perkenalan itu, akhirnya muncullah obrolan mengenai manusia purba seperti Pithecanthropus erectus, homo wajakensis dan manusia purba ‘seangkatan’nya seperti homo sapiens, homo pekingensis, homo cromagnon, dll. Si Bapak kemudian mengatakan kalo manusia purba yang homo-homo itu diperkirakan ada pada 20 ribu tahun lalu. Katanya sih itu hasil penelitian senyawa karbonnya ato apa, gitu.

Singkat cerita, kemudian mengalirlah diskusi, bagaimana dengan adam? Kalo Nabi Isa ada pas sebelum masehi, kemudian nabi-nabi sebelumnya kalo dihitung kemungkinan hanya seribu tahun rentangnya mengingat umur mereka dulu bisa sampe ratusan tahun. Kemudian muncul juga pertanyaan, kalo di Al Qur’an ketika Allah menciptakan Adam kemudian malaikat bertanya, “Kenapa manusia menjadi khalifah di muka bumi? padahal manusia kan makhluk yang suka perang?” dan Allah menjawab,”Sesungguhnya kamu tidk mengetahui lebih dari-Ku.” (eh, bener yang ini ga ya?)

Kemudian dosen melontarkan, “kenapa malaikat tahu kalo manusia makhluk yang demikian? apa mungkin sebelumnya telah ada manusia yang diciptakan?” Hah… jadi bingung saya. Bukannya Adam itu manusia pertama yah?? Hm, terus kalimat2 apa lagi ya tadi?? aduh,, bingung deh saya. “Eit, jangan sampe habis kuliah ini kalian jadi murtad lho ya,” begitu pesan dosen saya tadi. Duh,,, katanya tadi kuliah kita akan nyantai. Ko saya pusing ya?

bagaimana denganmu ketika membaca ceritaku di atas?? huhu…

*qra2 bisa menangkap yg saya maksud?

~pusingg…

11 thoughts on “Kuliah Perdana yang Bikin Pusing

  1. @adit-nya niez:
    hmpfh..masih pusing sy smpe skrg… mmm..baca2 artikel2nya Harun Yahya kejawab ga yah?? ato nonton VCDnya? sy ada yg ttg darwinisme gitu.. udah lama beli paket VCDnya tapi blm nonton jg…hihi.. (lha, ko jd ngomongin VCD Harun Yahya?)

  2. Pertanyaan itu juga pernah saya dengar dari seseorang waktu SMA dulu.
    Awal kuliah yang menyenangkan, klo saya dimulai sesuai waktu yang ada trus tanpa perkenalan yang panjang udah disuguhi tugas sebagai hidangan pembuka…Hehehe..

  3. Ini jenis pertanyaannya sama kaya mana yang duluan, telur atau ayam gak siy??

    wew.. udah pada masuk kuliah ya?? ridu 2 minggu lagi neh.. met kuliah ya.. Semangat!!

  4. @berli:
    iya, cuma begitu doang awal kuliah SBI kmrn. tp ada PR jg. untung ringan. ada jg kuliah lain yg tugasnya parah dan bikin mata saya lelah smpe skrg.. huhu..

    @ridu:
    hm, sama ga ya? tp lbh bikin pusing yg ini kykna.
    klo ayam telur mah jawabannya tinggal mana yg disebut dulu aja. hehe.
    he-eh, udah kuliah krn smt kmrn berakhirnya jg dr pertengahan desember…
    semangat juga ya, du.. buat berlibur! haha..

  5. wah sama,,saya sendiri suka pusing kalo dah mikirin ketidaknyambungan antara pelajaran agama dan sejarah. kagak ada nyambungnya sama sekali,pasti membingungkan,,apalagi teori darwin yang bilang manusia asalnya dari monyet ituh,,wah aneh,,

  6. @ika:
    iya, mbak. mngkin memang kita hrs brpikir lbh keras lagi dan lbh banyak membaca..*sok tau*

    @akhdaafif:
    terima kasih link-nya, mas afif. hm, ternyata memang ada beberapa pendapat ya. bingung mau percaya yg mana. klo mas afif sndiri bgmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s