Kuliah Lagi!

Liburan usai, kuliah udah mulai!

Ya, seminggu ini, kuliah saya udah mulai. Sejak 2 Februari lalu. Lalu, bagaimana kuliah saya di semester ini? Hm, banyak kuliah menyenangkan, tapi juga perlu usaha keras untuk melaluinya. SEMANGAT! Remember, to lives is to fight! Jalan ini panjang dan tidak mudah..

Mau tau ga, mata kuliah itu apa aja?

ni dia jadwal saya..

gambar layar ketika saya akses jadwal di SIAK NG saya..

gambar layar ketika saya akses jadwal di SIAK NG saya..

trus, apa kata saya tentang kuliah saya di semseter ini?

lanjutin bacanya yaa…

1. Pemilu dan Lembaga Perwakilan di Indonesia

Ini matakuliah wajib buat saya yang ambil peminatan Studi Politik Indonesia. Hm, momennya tepat juga nih. Jadi kayaknya bakal seru. Tapi, gosipnya nih, ga mudah melalui mata kuliah. Tapinya, ilmunya mantab insyaAllah.

2. Perbandingan Politik

Kata mas jemie dosen saya, ini sebenarnya mata kuliah dasar. Tau ga, di kuliah ini, bakal ada tugas bikin critical review tiap minggu yang nanti akan dikomentari oleh dosen, kemudian ada presentasi juga. Bahan yang dibikin critical review bisa sampai tiga sumber. Tentunya pake bahasa Inggris. Sekarang pun dah ada tugas. Hm, lebih berat dari PNB spertinya. Tapi kata senior, kuliah ini seru.

3. Sistem Perwakilan Politik

Yang ini wajib buat seluruh mahasiswa ilmu politik. Ada miripnya sama yang nomor satu.. bedanya, ga menutup kemungkinan belajar tentang perwakilan di negara lain.

4. Kewarganegaraan dan Politik Identitas

Kembali diajar Prof. Burhan, mudah-mudahan kami bisa melaluinya dengan senang, gembira, juga ikhlas!

5. Politik Lokal dan Otonomi Daerah

Ini wajib SPI juga, makanya saya ambil. Nah, ini jg konon ngebahas tentang negara lain. Tapi belum tau juga sih, tergantung kesepakatan dosen.

6. Ekonomi Politik

Agak-agak males sebenarnya bicara ekonomi. Tapi, bagaimanapun, politik itu erat dengan ekonomi. Tapi sepertinya, soal tarik menarik kepentingan itu seru. Hehe, ga ngerti juga sih. Sok tau aja saya. Eh, tapi emang begitu, coba deh, manusia yang ga pernah puas, pasti perlu taktik buat memenuhi kepuasannya itu! Iya kan? Halah, ngomong apa saya ni?

7. Politik Lingkungan

Ga salah saya ambil mata kuliah ini bareng Devy dan Amal. Temen seangkatan pada belum ambil. Pas kuliah pertama berupa intorduksi, saya aja dah tertarik! Kuliah ini bakal ngebahas tentang global warming, gerakan ecofenism, isu SDA terkait ketahanan negara, isu lingkungan dan kerjasama Int’l. pokoknya bagaimana isu lingkungan mempengaruhi kebijakan suatu negara deh. Hm, Pernah ga terpikir berapa biaya social dan politik yang dikeluarkan untuk menghadirkan sebuah meja dihadapan kita? Berapa orang utan yang terbunuh? Tahu ga, kita ini kontrributor degradasi lingkungan! Astaghfirullah.. Mudah-mudahan dengan belajar ini kami bisa lebih bijak dalam memanfaatkan SDA.

Gimana, tertarik juga ga?? Seru kan?? Mudah-mudahan tak sebatas seru, mudah-mudahan saya bisa enjoy mengikutinya, bisa mendapatkan ilmunya, dan kemudian bermanfaat! InsyaAllah, amiin! SEMANGAT,SEMANGAT, SEMANGAT! RAIH MANFAAT!

14 thoughts on “Kuliah Lagi!

Leave a Reply

