Perempuan (saja) yang Harus Baik?

Hanya catatan singkat.
Sebetulnya sudah cukup lama ingin menuliskannya. Beberapa masa silam, ketika itu kondisinya sedang diskusi tentang proses menuju pernikahan, pernikahan, rumah tangga dan tetek bengek tentangnya. Partisipan dalam diskusi tak sengaja itu hanya bertiga. Saya yang Cuma ikut-ikutan, seorang mbak yang sudah mempunyai jagoan kecil, dan seorang laki-laki yang sudah cukup umur untuk menikah.
Entah dari mana diskusi itu bermula, yang jelas bukan saya yang memulai. Ada satu poin yang cukup membuat saya berkomen : ihhhhh, setelah si laki-laki partisipan diskusi itu mengeluarkan pendapatnya. Tau kah apa yang dikatakannya?
“Yang perlu soleh, baik, pinter dalam rumah tangga itu perempuannya aja. Laki-laki mah ga perlu.” Demikian katanya.
Idih. Ko gitu?
“Iya, laki-laki yang penting bisa cari duit, menghidupi keluarga secara financial. Kan yang banyak interaksi sama anak kan yang perempuan. Jadi dia mesti shalihah, pinter, dsb.”
Doeng!! Zzzz..banget gak sih?
Batin saya, dih, enak aja klo semua laki-laki berpikiran gitu.
Helloooo…
Setau saya yah (CMIIW) tugas mendidik anak itu bukan Cuma kerjaan perempuan aja. Udah gitu, emang sih, laki-laki mungkin tugas utamanya menafkahi keluarga. Tapi kan bukan juga berarti melupakan tugas lainnya. Bukankah laki-laki juga punya tugas mendidik istrinya? Kalo laki-laki ga shalih, ga pinter juga, siapa yang akan menshalihahkan istrinya, menjadikannya pintar? Masa iya mau pinjem suami orang? Ckckck -_________-‘’

3 Oktober 2011, 7:10 pm,
Iseng, suntuk skripSIP, tiba-tiba inget ada yg mau ditulis :p

3 thoughts on “Perempuan (saja) yang Harus Baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s